asal cerite Roti B u a y a

ehm ndo’ emak punya ini nich mo nggak?

apaan tuch ma? jawabku penuh penasaran

wah roti buaya ya…kataku..

iya, ini dari bu A, kemarin anaknya menikah dibawain roti buaya sama besannya, nih emak dikasih 1/2 rasa keju.

gara2 roti buaya ini, akhirnya munculah obrolan seru soal mengapa setiap ngebesan adat betawi pasti mempelainya prianya bawa sepasang roti buaya, kenapa musti buaya gitu, kenapa gak roti ayam, kelinci atau kuda? hehe

bukan apa2 y soalnya seperti yg kita semua ketahui..buaya itu selalu dikonotasikan dengan yg jelek, seperti ..

dasar buaya kamu!!

lelaki buaya dasar darat !!

buaya kamu!!

tuh kan, ..hehe jadi inget temenku yg namanya Aya, kasian jg istrinya klo dipanggil Bu Aya,hihihi..anyway..Balik ke Roti Buaya tadi klo di Setu sendiri jarang warga Asli bawa roti buaya, tapi klo di Keluarga besar emak  dah biasa tuh bawa roti buaya klo besanan, klo dulu sih rotinya nggak ada isinya cuma rasa manis aja gitu, tapi sekarang dah di modifikasi ada rasa keju, coklat, strawbery, nanas pokoknya sukanya apa tinggal pesan. btw iseng2 nemu foto adul waktu om gw adiknya si emak ngebesan dulu bawa roti buaya…

Roti Buaya

Roti Buaya

hihi nih foto diambil waktu gw blom lahir nich jadul pisan dah..

klo salah satu keluarga besar bokap gw ada yg dapat calon besan orang betawi maka si emak  kebagian tugas pesan roti buaya,…

menurut emak nih klo jaman dulu roti itu melambangkan bahwa keluarga itu keluarga berkecukupan, dan Kenapa ROTI Buaya krn sebagai perlambangan sekaligus pengharapan dan doa sanak keluarga supaya mempelai seperti buaya putih yg terkenal setia dengan pasangannya. jadinya rumah tangga sipengantin baru tersebut akur dan awet sampe kakek nenek..gitu…oohh maniss banget ceritanya.

tapi sekarang menurut emak waktu terakhir emak ke bakery langganannya, roti yg kita pesan bisa bentuk hewan lain loh, ada yg bentuk kepiting, kura2 hehe ngikutin  perkembangan jaman kli ye …

oh ya nanti klo mo nikah minta dibawain roti bentuk apa nich sama calonnya ..hehe?

ya apapun itu pastiny segala acara adat itu pastilah bertujuan baik khususnya untuk mempelai, oh ya buat temen2 semua yg akhir feb dan awal maret kemarin menikah ya, terkhusus tgl 7,8,9 maret ,yg seabrek2 itu…heran ya nikah pada janjian kali ya maaf klo yg tidak sempat kudatangi berhub jamnya bentrokan…” selamat berbahagia ya semua..Semoga Allah memberkahi Rumah Tangga Kalian, cepat dapat keturunan serta awet sampe kakek nenek.. sampai tangan tak kuat saling menggapai sampai mata tak kuat saling memandang…

Aminnn

17 Tanggapan

  1. Ough … Jadi begitu sejarahnya ???😀

    Kenapa ga dibuat roti Penguin ???
    Bukankah binatang paling setia dan paling tidak pernah selingkuh itu Penguin ?😀

    Tp namanya juga mitos😀 yang penting Roti buayanya Enax😀 ckckckckcckk …

    Salam🙂

  2. ehmm…orang betawi ya neng?😉

    ya gitu degh mpo ella

  3. waktu ituh.. tante aye nikah, pake roti buaya,, tapi rotinya nggak kami makan…..

    wah ko nggak dimakan ? jangan2 rotinya palsu ya her, mubazir tau nggak dimakan..

  4. Kalo bentuknya kambing, jadi roti kambing dong? hehe….

  5. Amieeeeennnn….
    Mudah-mudahan juga cepet ketularaaaannnn…ha..ha…ha…

    Amieeeeeeeen…hihihi ngarep dot.com

  6. belom pernah makan ay…….(nangis guling2).tap besok gw mau calon misua gw bawaain gue makanan kesukaan gue, gulali

  7. rotinya lucuu…!😄

  8. baru tau ay, kalau roti buaya ada macam2 rasa🙂 .

    iya modifikasi mba, jadi klo sukanya isi coklat bisa, keju, strawbery, pokoknya sesukannya dah

  9. i…waw…:mrgreen:
    mau dunks rotinya…
    keknya enak dech..:mrgreen:

  10. tapi mpok ay makan tuh rotinya kan..!! biar ketularan ‘ngekor’ jadi manten.. hehe

    pastinya.. klo daku nih snep, yg ortu bilang or suruh biar ketularan jd manten manut aja asal jangan yg kelewat batas….apalagi klo soal makanan hehe
    tapi sygnya sampai saat ini blom ada penampakan soulmate juga nich hehe nggak papa denk yg penting ikhtiar dan doa bukan gitu

  11. baru tau nih asal muasalnye he.. makasih ye mpok , di aku ada roti buaya kalo ada sunatan doang ga tau tuh napa??

  12. kayaknya enak deeh rotiinyaaa……..
    udah lama gag makan kayak begitu..nunggu kawin dulu kalii yaa???hahahahaha

  13. ay, aku pesen satu roti buaya. jangan buaya darat ya😀
    haha dipalembang nggak ada ya mba roti buaya, yg ada buaya asli ya..

  14. knp si WP itu beda sama blogspot?
    keknya komeng gw gk nongol lg nih😦

    hehe don’t be sad commentnya kemarin nggak nongol karena masuk ke spam, tapi jgn takut jgn khawatir dah diriku approve ko comment

  15. orang Betawi-kah sang empunya blog ???🙂

    yup…pastinya meskipun dah bercampur dengan darah jawa…

  16. lambang kesetiaannya ko buaya ?
    buaya putih memang terkenal selalu terlihat berdua dengan pasangannya, begitu kalo kata orang dulu ..nenek moyang gitu..ya boleh percaya boleh tidak ..tidak dipaksakan

  17. hihihi geli liat roti na
    btw buaya mahluk yg paling setia lho ma pasangan,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: