“Dapur” a part of my life


kompor-gas1wah koki masuk ya hari ini, ya itulah yg biasa emak ucapin klo melihat ayay masak hehe..maklum dalam 1 bulan bisa dihitung jari. Alasannya sih pastilah kerja trus kapan bisa masaknya ya..


jadi kapan sih ayay berlama-lama didapur, jawabannya klo mama lagi jadi koki ditempat hajatan org lain jadilah ayay menyibukkan diri didapur, atau klo siemak lagi demo nggak masak pasti degh ayay masak mie instan or telor ceplok (hehe menu andalan) selebihnya sy masak klo habis membeli makanan instant seperti mpek2, nugget, ayam ungkep (jd tinggal goreng), membuat kue pesanan dan belajar masak yg angot2an…😛

mpek - mpek

mpek - mpek

belajar buat rendang

belajar masak rendang

Sebenarnya sejak kecil sy sdh mengenal dapur, karena masakan emak memang terkenal enak, sy sering membawa makanan  untuk teman2 sy akibatnya mereka ketagihan dan minta dibuatkan terus, siemak tentunya dengan senang hati membuatkannya dengan syarat sy membantunya didapur…pintar ya siemak hehe…

Oh y asal tau aje disetu nich usia smp kelas 1 klo blom bs masak nasi menggunakan langseng / tungku nasi , bisa masuk “gossip of the month” ..makanya waktu jaman dulu sy bela2in degh bisa belajar masak nasi…daripada jadi sumber gossipna wartawan tanpa surat kabar itu..hehe

Dapur juga yg membuat keluarga sy, khususnya hub antara sy dan 4 kakak sy semakin dekat dan kuat, semasa sy sma dulu ketika Krismon menghajar perekonomian keluarga dan memaksa Bpk sy yg bekerja di Perusahaan Kontraktor harus dipensiunkan lebih cepat dan kk pertama sy yg bekerja dislh satu perush milik Tommy soeharto harus mengalami pengurangan pegawai maka dapur pun menjadi sumber ekonomi baru keluarga sy.

Selama 4 Tahun kami hidup dari Olahan Dapur, pagi menjual Nasi Uduk, siang Es Campur dan malam Nasi Goreng. Kami ber-5 mendapat jadwal membantu siemak didapur, khusus untuk putri2nya dapur adalah wilayah kerja kami membuat bumbu Nasi uduk, marut kelapa, Semur, bihun, Bawang goreng merupakan pegangan sehari-hari…sementara 2 kakak laki2 bertugas melayani pembeli  nasi goreng dan mie goreng di malam hari.

Selama di dapur ini jg sy mulai mengenal sifat kk sy satu persatu, abang sy “yg pertama” yg keliatan angker banget hehe ternyata begitu perhatian dan melindungi, abang sy yg kedua yg “pemalu dan jarang berkomentar”  ternyata bawel juga dan  tangannya mendapat warisan dari mama, hasil olahannya seperti Nasi , mie dan ayam goreng buatannya sukses banget mirip buatan emak…membuat sy  iri.. scr sy sudah membuat mie yg sama persis bumbunya tapi tetep kurang sedap…it’s about hand yu..gitu katanya…sdgkan dgn 2 kaka perempuanku aku makin dekat…

“wah jadi inget nich masa2 eror klo lagi masak bareng kk sy, tau nggak saringan yg buat angkat gorengan kita pake buat mic ikutin Video Klipnya ME nyanyiin lagu “terbuka matamu…..terbuka hatimu,,oiyee..oiyeee” what a nice moment..

Dapur a Part of My Life

Pojok2 dapur ku :

 rak-piring

rak-piring

jendela dapur untuk sirkulasi

jendela dapur untuk sirkulasi

termos6

28 Tanggapan

  1. apapun kalo bareng keluarga pasti tambah asyik aja. Hiks….jadi kangen keluargaku

    yup..apapun kegiatannya sing penting kumpul hehe

  2. ayay, kapan2 aku dibuatkan omelet ya..
    yang special

    special buat mba easy..omelet telur cicak..wakakakka

  3. waah, pengalaman yang mengharu biru. sweet😀
    Terima kasih sudah mengikuti lomba di MasukDapur, semoga menang ya!😀

    terimakasih mba😀, aminnn

  4. ayay….ketemu lg!!!! (wlw cuma lwt blog hehe)
    aku mau donk diajarin masak, secara aku cuma bs masak nasi ama aer doank, jadi maluuu

    eh tapi kmrn aku belajar masak terong balado loh, mau? mau? mau? hehe promosi…

    hiii qt ketemu lagi …aku nggk jago masak dit,,masih belajar

  5. Lengkap banget nih dapurnya.

    biar detail pa

  6. kalo saya didapur paling mahir masak mie dengan cara saya sendiri dan istri saya mengakuinya…soale saya pake bumbu cinta hehehe

    wah boleh donk aku nyobain mie cinta ala om iyan

  7. Wow…header-nya dah berubah.
    Dapur? Bendol sih cuma bisa ngerebus air doang
    hehe….
    Duh,,,jadi pengen ngerasain masakannya neh…..

  8. woay enk nie masak2… boleh nyicipin ga? matengnya

  9. lapar…….:P

  10. aduuuuuuh ngeliat empek2 lagi, pengeeeeen….. T_T

  11. Wuah, sudah berapa lama saya ga ke dapur ya.

  12. empek2nyaa bikin ngilerrrr. Aku baru rajin mengunjungi dapur setelah tinggal jauh dari mama yang masternya masak memasak dirumah

  13. i….waw..:mrgreen:
    duch jadi laper nih…

  14. Jadi pengen punya😀

    punya apaan cak?

  15. Happy Cook…..

    thx

  16. Aku pesen tapi di campur madu manis yg kental tambah keju terus ditambah Saus yg pedes terus juga dibuatnya jangan teerlalu matang tapi juga jangan terlalu matang dan dibuat sedikit manis tapi manisnya juga tidak boleh terlalu manis dan gulanya harus yang non kolesterol .. Huahahahahaha…. Bingung yach😀

    *Yang pesen juga bingung ckckck ..:D

    “salut sama Ayay, bisa mengenal karakter kakak2nya malah dari dapuur😀

    Salam🙂

  17. hayo,, bisa masak apa aja??

    rendang, semur, nasi uduk, opor ayam, aneka makanan tradisional semua bisa ko, tapi yg masak emak sy bukan sy hehehe

  18. eaaaa
    empek”nya (yang setelah matang tentunya)
    ngebuat kagak nahan mbakk
    huehuehue

    numpang blogwalking yaaa

    boleh..silakan..melihat & membaca uneg2 sy yg aneh2😀

  19. Hmmm ennaknya yaaa semua anggota bisa masak gitu…!

  20. saya pesen mi goreng spesial dua ! *kemaruk*😀
    salut ah buat kaw. hebat !🙂

  21. Wah, berarti pinter masak dong!

  22. mpok.. kpn2 maen ke rmh gw ya.. kita masak emih rebus bareng.. hehe.. emang cm itu manu andalan yg paling gw bisa..

  23. Maunya sih saya lama2 didapur mbak..
    tapi saya ndak bisa masak niih…
    kasih resep yang sederhana donk, biar bsa masak gituu…

  24. Ayaaaaaaay😀 *terioiak dari kejauhan😀

    Buatin aku makanan yg lain dari dapur dirimu😀 ehm …

    Salam🙂

  25. im back setelah aku kecelakaan yang ketigakalinya, aku nabrak mobil lagi ay. dan aku sebenarnya pengen banget pinter masak. tapi kepengen doank, realisasinya nol

    hehe gw jg masih belajar dan belajar jenk, malah masih angot2an..
    akhirnya sering lupa resepnya..

  26. aku bisa masak….. masak air… ixixixixi

  27. ah …bisa masak mie instant ? yang bener nih..?
    mana buktinya hayyyoo, coba deh kirim rantangan ke tempatku lalu kuicipin…baru aku percaya😉 ditunggu lho ya..

  28. masak…?….hmmmm…jadi laper nih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: