mari berkendara aman..

ftsore itu sebuah bendera kuning terlihat menempel digang, perasaan waswas datang siapakah gerangan meninggal, kulihat emak dan ibu2 sedang berkumpul dirumah tetanggaku, ternyata paman salah satu muridku meninggal karena kecelakaan tertabrak kereta sewaktu bekerja Astagfirullah (semoga Allah menerima amal ibadahnya Amin), dan dalam waktu yg bersamaan teman sy pulang dalam keadaan luka parah tertanya dia baru saja mengalami kecelakaan, hingga kini ia masih dirawat dicimande..

lagi, kecelakaan terjadi, ah sedih rasanya melihat seperti ini, padahal baru beberapa waktu yg lalu bendol cerita ia mengalami kecelakaan motor di jalan, sy sendiri sudah pernah mengalami terjatuh dari angkot, dan 1 tahun yg lalu tepat ketika azan magrib dibulan Ramadhan abang Pertama sy mengalami kecelakaan sepulangnya dari kantor sehingga tulang pundaknya patah dan perlu perawatan intensif (alhamdulilah saat ini sudah bisa beraktifitas normal)

dan sekarang teman sy, karena kejadian beberapa yg hari itu, sy sendiri seminggu ini masih ngeri kalau harus melakukan perjalanan jauh. so buat teman2 semuanya please becarfull ya ..drive safety, mari sama2 berkendara aman.

berikut tips berkendara :

  1. Persiapan pengendara: pemanasan & peregangan tubuh, pergunakan perlengkapan/ perlindungan tubuh seperti helm, jaket, sepatu (pilih alas kaki yg tidak licin), dll.
  2. Persiapkan kendaraan, cek tekanan ban, rem, kaca spion, dan lampu-lampu sebelum berangkat.
  3. jangan lupa berdoa sebelum berangkat
  4. Kecepatan yg normal ya..
  5. Usahakan tidak menggunakan HP (SMS or Call) klo sedang berkendara ya..
  6. jangan biasakan berkendara sambil mendengarkan Musik (MP4, IPOD, MP3, etc) oh ya ini juga berlaku untuk pejalan kaki. karena temanku pernah mengalami kecelakan ketika tiba2 sopir mobil yg ngantuk ngusruk padahal posisi dia dipinggir jalan, dan juga dia sudah diperingati oleh2 org2 sekitar tapi karena ia sedang memakai earphone ia jadi tidak mendengarnya.
  7. Jangan terpancing emosi

Bagi pengendara  lebih bersabar ,  begitu juga yg lain, karena saya tau situasi dijalan itu crowded banget apalagi klo jam pergi dan pulang kantor, pas lampu merah deruman suara motor yg ratusan membuat anemo tersendiri, khususnya pas Bulan Ramadhan karena mereka tidak sabar ingin berbuka bareng keluarga, akhirnya saling emosi. Sedikit tips jika memang sudah mepet waktu berbuka alangkah baiknya berhenti dulu diMasjid atau mushola terdekat daripada dipaksakan dan terjadi hal2 yg tidak diinginkan.

Safety is important. ingat keluarga, anak, dan istri yg menanti🙂

safe drive, safe life

14 Tanggapan

  1. Sip mbak tips-nya. Eh..theme-nya juga sip nih…ganti ya?

  2. Setuju mba, pelan asal selamat, aku jg suka khawatir klo suamiku pergi jauh..

  3. tapi secara genetik, sifat pembalap ayahku dah menurun ke aku ay, jadi maunya ngebut 60/70/80 km per jam. apa aku perlu terapi hormon? eh perlu dikenadlikan keliarannya?

    duh jenk..hati2 ah..ngebut tau sikon ya..klo mang sepi y boleh2..pokokny safety no.1 k

  4. sip tipsnya =)

  5. Kalau saja semua pengendara mau patuh pada aturan lalu lintas dan sabar dalam berkendara, Insya Allah kecelakaan lalu lintas bisa dihindari

  6. mungkin semua orang pernah mengalami hal serupa.. tapi untungnya waktu gw mengalami hal itu, gw masih kecil.. jadi bisa cepet pulih deh.. hehe

    bwt para pengendara.. perhatiin tips dari mpok ay tuh..

  7. iya.. bersabar adalah hal terpenting. karena semua pemakai jalan memang maunya segera sampai ketujuan..

  8. yay, minta tolong masuk ke blognya mba maureen.aku mo ngasih PR ke beliau, tapi nggak bisa reply ni.he he he.nyuruh nggak pake komisi kan?

    emang nggak bisa kali..tau tuch si mba yg satu itu setting blogna gimana, daku dah emailin die, tapi tampaknya dia masih bingung mengembalikan ke posisi awalnya gimana ..lewat email aja jenk

  9. .. iya iya safe drive, safe life bukan cuma untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain.

  10. mantap tipsnya.

  11. tips yang bagus, banyak sekarang pengendara di jalan yang ugal-ugalan dan tidak memikirkan keselamatan diri sendiri maupun sesama pengguna jalan lainnya.

  12. Makasih Warningnya🙂

    Poin ke 6 aku sering lakuin🙂 jadi inget dech sekarang , emang harus lebih berhati2 nich🙂

    Salam🙂

  13. kalok aja aku nggag doyan ngebud!

  14. iiihh ngeri mbayanginnya…spechless deh, thanks dah ngingetin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: