Belajar bahasa betawi setu bareng Nyak W

seperti yg semua ketahui seorang noneayu ini😛 tinggal didaerah pinggiran jakarta, tepatnya di setu, dekat rumahnya Alm. H. Bokir Pelawak betawi yg tenar itu.

nah kali aku mo posting tentang Bahasa Betawi setu yg lebih beragam dan logatnya beda, kalau disini org aslinya biasa ngomong agak kencang atau terkesan kasar, Tapi buat yg ngefans ama Alm. H. Bokir, Mandra, Mpok Norie, Malih nyampe H. Bolot pastilah udah nggak asing lagee.

Dulu waktu masih kecil, sy selalu digodain oleh keluarga ibu saya, karena meskipun emak ku org betawi asli, tapi tetap aja bahasa betawi disini sedikit berbeda dengan tempat kelahiran si mama, yg asli kebayoran. Kel mama selalu bilang sy ini betawi mandra gara2nya kalau ngobrol, sering meluncur bahasa2 yg mereka kurang mengerti seperti bagen, Ilokan,  jagen dll.

Nah postingan hari ini hasil obrolan aku, si emak dan Nyak We (Nama disamarkan) yg cukup membuat aku pusing dan minta ditranslet ma emak😛

Ay : Wah lagi pada ngadem nih..

Emak : Ini biasa klo sore gini emak ama nyak seneng duduk disini sambil liat langit biasanya sore gini banyak burung bangau yg mo pada pulang (ditempatku klo sore masih suka keliatan sekumpulan burung bangau yg habis mencari makan dan kembali ke tempatnya)

Nyak W: ehm ngomong2 neng tadi lewat rumah Nyak A kaga?

Ay : Iya nya, ehm lagi ada acara ya, ko ada Tenda segala?

Emak : itu nanti malam mo ada acara Tujuh bulanan?

Nyak W : Tiplaknya dah kelar blom neng?

Ay : (mikir…and bingung) Tiplak? Apaan sih mak?

Emak : Tiplak itu tukang masak..

Ay: oooo, kayanya yg masak tetangga aja ye,,ehm Nyak nggak kesono?

Nyak W : dia ma tetangganya banyak, bagenin dia2 aja yg masak, Lagian Nyak juga baru balik dari ngetan neng…

Ay : ngetan..itu sebelah mana ya ma? Lupa…hehe

Emak : tau dah emak juga bingung, pokoknya kesana ketempat Mpo S,  anaknya Nyak W yg bungsu …

Ay : (langsung menganalisa,,,) ehm berarti timur ya ma

Nyak W : Neng kaga kesono,  ngejek..gitu..

Ay : (bingung lagi…) ngejek?? Bukannya klo hajatan ada ngejeknya, pan ini mah Cuma selamatan pake ngejek segala..

Emak : tau ini si Nyak Ilokan pake tukang ngejek segala

Nyak W : maksudnye kali si eneng mo kesono bantu2 gitu kan ntar ada anak2 pengajian temen eneng smua..

Ay : ooo, nggak ah ntar kan pengajian laki2 semua..

Nyak W : lah bagen, kan temen neng sendiri..

Ay: iya sih tapi nggak enak aja..biarkan anak2 cowo aja😛

berikut kira2 artina :

Tiplak : Juru Masak / Koki

bagen : biarkan

Ngetan : Timur

Ngejek : semacam pagar ayu, yg bantu2 gitu degh

Ilokan : apa mungkin (biasa digunakan untuk sesuatu yg dipertanyakan) ya gitu degh sy juga bingung😛

11 Tanggapan

  1. wedew… bahasa jawaku sendiri aja dah ga karuan..

  2. Ngetan = ke Timur
    Kayak bahasa jawa tuh
    Terutama bahasa Surabaya

    iya memang sebagian bahasa disini mirip2…aku juga kadang2 bingung

  3. ane kagak ngerti, eh eneng ini dari betawiii
    baru nyahooo hihi

    iyee bang. aye mang anak betawi nich

  4. pertamax

    waduh, saya cuma numpang lahir dicondet jadi nggak ngerti

    nuwun sewu, boten mangertos

  5. Wah katanya ada yg serupa dengan bhs jawa yah…misalnya: NGETAN🙂
    Kudu bikin kamus bahasa betawi ay🙂

    wah aye ma blom jago bahasa betawi nya..masih cetek mpo

  6. ay.. lo buka kursus online bahasa betawi aja.. hahaha pst byk blogger daerah yg pd daftar..

    kursus online? ade2 aje mpo’ snepy ini

  7. ayay, nanti ajarin aku ya. privat…
    biar aku bsia ngobrol dengan bang mandra😀

    hehe..boleh mba. tapi aku aja blom pernah ngobrok sama bang Mandra mba, btw si abang nyalonin jadi caleg tuh

  8. berpikir dan membaca 10x kudu ngerti artikelnya *otak lemot dot com*, btw, asyik juga jadi pencerahan..
    ngetan = bisa berarti menjadi ketan kah ?
    😀 hahaha, ketan..? ya bukanlah, ngasal aja nih anak

  9. mau tanya …bahasa betawi nya
    jagung,sepatu,ubi,semangka,sendal,kepala,ikat,dapat,dimana,kemana
    siapa,pisang,dingin,,tidur ,lapar,besar,kecil,tidak,susah,kampung,kaki,perut,gigi,sekolah,gelang ,leher,betis,tangkap,tampah,sampah,tampan,sayur,sendok,betul,pohon,daun,datang,
    dalam , dari …
    maaf kalau terlalu banyak….krn ini tugas saya

  10. Menarik juga ya. dimana nyari kamus bsa betawi ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: