yg Khas dari betawi setu

Barong1setu08-Ondel2l

Barong1setu08-Ondel2l

Beli Daun Pisang di Kebon si Tata
Seiket harganye Seribu
Met Ulang Taon JAKARTA
yang ke Empat Ratus Delapan Puluh Satu

481 tahun Jakarta, gile tua aje ye hehe.

memperingati hut Jakarte, beberapa minggu ini gw iseng2 ngumpulin kekhas-an betawi. seperti yang  sudah gw ceritain sebelumnya gw tinggal dikampung yang masih betawi banget. mumpung lagi hut jakarta kayanya tepat banget untuk nulis ini.

Betawi itu khas banget, mulai dari bahasanya dr sabang sampai merauke ngobrolnya pakai kata gw and loe, Makananya ehm Sayur asemnya boo mendunia, Budayanya and tatakramanya ;gw yakin klo org betawi nggak ramah2 nggak mungkin jakarta tuh seperti sekarang org daerah dari mana aja ada ngumplek (red. tumpah ruah) disini, seperti sayur Asem meskipun isinya banyak and macam2 tapi rasanya makin enak and kuahnya makin sedap bukan begitu…🙂 gw harap Jakarta akan selalu seperti itu aman dan tentram.

Nah klo yang disamping ini makanan favorit semua umat hehe khususnya org jakarta ada sambel, oncom goreng, tempe goreng, ikan teri plus kacang goreng and yg paling Penting Sayum Asem …ehm yUmmy abieez degh. <ini yg masak nyokap nich..so dijamin maknyoss…>

salah satu yang paling khas dan jadi Icon didaerah rumah gw adalah BARONG alias Ondel-ondel. when i’m still younger this is the most scary doll that i ever see.  Ondel-ondel alias barong ini dimiliki oleh Wa Irih yang juga merupakan sesepuh di setu, karena terkenal Barong buatanya ia juga suka dipanggil  Wa Barong. setiap Lebaran atau ada bulan khusus biasanya dia beserta groupnya sering ngarak barong keliling kampung pakai Tanjidor atau ondel2nya sering banget disewa buat acara di Stasiun TV or acara pernikahan.

klo kita berkunjung kerumahnya, nggak sulit deh nyarinya karena didepan rumahnya selalu dipajang sepasang barong khas buatanya. Tadinya  gw mau langsung kerumahnya and foto2 tuh barong plus rumahnya tapi berhubung gw malu and takut diblg org error plus bikin kerusuhan..soale dikampung banyak wartawan tanpa surat kabar (alias ibu2 gosiper) akhirnya gw nahan diri. tapi…………

Beruntungnya gw, kemarin temen gw merid <Thank u Nyai?, and nyewa tuh barong alhasil nich fotonye :

Barong2

Barong2_Setu_2008

Berhubung nih barong dipajang persis dipinggir jalan yang ramai kaliii so nggak bisa difoto sepasang and whole body <daripada gw ketabrak mobil boo>. dengan muka sok2 serius nahan malu diliatin oleh tamu2 undangan dengan mimik yg aneh gw berhasil foto juga nich barong (red. ondel2). nggak papa bodo amat yang penting berhasil moto . yes misi sukses.

mungkin bagi mereka nich anaknya pak RT norak banget ya bukan pengantinnya difoto malah ondel2nya. wakakaka. kakak gw yg aja nungguin sambil nahan malu haha..tapi dia seih dah kebal ma gw.

oh ya gimana cantik kan barongnya ? what cantiq,,,serius loh. dulu itu gw plg takut klo lihat barong, setiap lewat rumah wa barong aja gw langsung gibrit ketakutan tapi setelah gw lihat barong2 buatan org lain yg lebih besar and agak sedikit aneh and creepy gw langsung memuji barong buatan Wa irih lebih bagus. 2 tump for u wa.

last but not least, the traditional cake hehe tak lengkap rasanya nggak omongin kuenya, kue khas betawi beraneka ragam tapi mungkin hanya beberapa yg masih ada. Tapi dikampung gw nih kue2 tradisional masih mempunyai tempat sendiri, setiap ada pesta pernikahan kue Cincin, Cucur, Putu Mayang, Lepet, Kue Cawan, Kue Pepe, Tape Uli, Kue Apem, pokoknya loe bisa menemukan aneka tradisional kue tersebut untuk dibawa pulang sebagai berkat asyikan. sayang kemarin gw lupa untuk foto tapi ada beberapa yg berhasil gw fotonih meskipun nggak lengkap :

Kue Lopis

Kue Lopis

Kue yang terbuat dari Ketan and dituangkan gula merah cair ini cocok banget buat sarapan ditemani segelas teh hangat dipagi hari. ditempatku masih banyak yg jual harganya Rp. 1.000,-/ptg. ada tips unik untuk potong gw ini loh, bukan menggunakan pisau tapi pakai benang yg bersih biar nggak lengket dan hasilnya bagus.

Kue Cucur, Kue Unti and Kue Pisang

Kue Cucur, Kue Unti and Kue Pisang

nah klo yg sebelah ini aneka kue jajanan pasar nich

masih banyak lagi kekhasan betawi di tempat gw, tapi sayang gw nggak sempat hunting2 lagi. nanti klo ada gw sambung lagi k.

Met Ultah yee Jakarta, my wish nich …semoga jakarta semakin bersih and terawat, Lebih banyak Icon2 Budaya Betawinya disetiap pelosok, meskipun penduduknye dah nyampur aduk tapi Budaya Betawinye kudu tetep dilestarikan …ok Masa kalah sama Bunga Citra LESTARI nah loh ituma laen lagi ya hehe

4 Tanggapan

  1. enak tuc kue cucur sekali2 bawa ya? heheheheehh

  2. […] Sesepuh kami meninggal ..ya Wa Irih sesepuh Kampung Setu -pembuat barong itu wafat diusia 104 tahun tepat 1 hari sebelum Idul Fitri (selamat jalan wa…semoga Allah […]

  3. Wah makanan kesukan gw tuh kue lopis..

  4. tolong cariin kue cocor betawi donk, truz bisa beli dimana? tq.

Tinggalkan Balasan

