Cara mencuci Buah Atep (Kolang Kaling)

manisan-kolang-kaling

manisan-kolang-kaling

Siapa yg suka manisan kolang kaling? jawabanya adalah saya. Rasanya yg manis, kenyal membuat sy ketagihan, Apalagi bila disajikan dalam keadaan dingin  atau dicampur dengan es buah, es campur, es teler dan es lain-lainnya.. ehm tambah mantab … Maknyoss klo boleh pinjam bahasa pa’ Bondan.

Hidangan favorit keluarga sy ketika lebaran ini begitu digilai disenangi hingga akhirnya jd ladang bisnis setiap mo lebaran krn banyak tetangga, teman serta teman2 kantor yg pesan.

sebenarnya cara pembuatannya tidak terlalu sulit menurut emak sy loh.. .tapi klo menurut sy sih yg lahir dijaman serba instan ini tetep aja ribet hehe…krn klo mencucinya kurang bersih maka si manisan nanti jadinya nggak tahan lama, berlendir bahkan tercium aroma yg nggak sedep..kan jadi mubazir,  so kuncinya adalah Proses Pencucian dan Penirisan yg tepat dan benar ‘halah’.

pada saat membeli buah Atep atau kolang kaling pilihlah yg berwarna putih bening tidak kumal dan tidak keras, nah buah yg dah kita beli tadi kita tuang kedalam baskom dilanjutkan pembuangan biji pada Kolang-kaling biasanya berbentuk putih kecil seperti beras.

setelah itu ambil daun Bambu, yup daun bambu.. tau donk daun bambu seperti apa…?! nah ambil daun bambu secukupnya kemudian daun tersebut kita gunakan untuk mencuci Kolang Kaling tersebut, dijamin itu lendir pada kolang kaling ngibrit…hehehe. kalah deh deterjen …setelah yakin bersih, tiriskan.

siap deh untuk dimasak..sedikit tips agar manisnya terasa pas dan tahan lama biasanya dimasak hingga 3-5 kali.

nanti klo dah jadi manisan kirim2 ke sy ya :) atau mo pesan boleh..hayah..

16 Tanggapan

  1. di rmh gw jg cm bikin manisan buah atep pas lebaran doank.. selebihnya cm bs dinikmati pas beli es campur (FYI : es teler ga pake buah atep,mpok.. hehe)

    btw boleh tuh dikirim ke rumah gw.. hehe

  2. Bendol sih gak pernah mikirin cara mencucinya mbak.
    Tapi Bendol suka, kenyal sih…
    hehe….

  3. Aku jg suka sis, tp mang ribet bikinnya makanya bikinny setaun sekali, jd istimewa deh..

  4. i….waw… :mrgreen:
    saya suka makan aja sieeh..
    apalagi kalau dicampur dengan es campur…
    wuuuihh mantapzzzsss…

  5. aku juga suka ay….
    kita bikin es teller yuks…

  6. Mau…mau…mau…………
    Jadi pengen,disini tak ada kolang-kaling Mbak :(

  7. blogwalking here with this lovely smile :)
    have a gorgeous day :)

    mantep nihhh es nya… aus nih jadinya malem2… :)

    makasih dah mampir…esnya bisa dibeli ditempat terdekat :)

  8. Aku mau yang beginian tapi yang penting Gratis :D ckckckckckck …

    MAklum anak KosT :D ckckckk …

  9. ow..pake daun bambu yaaaa….ntar di coba deh :D

    yup daun bambu, tapi bukan buat dimasak loh, hanya untuk mencuci

  10. kolang kaling kan cuman dimakan pas puasa doang ??

    ya nggak lah, bebas aja. cuma memang dari segi bisnis pas bulan puasa biasanya lebih banyak yg cari gitu…krn ibu2 kita pada heboh puter2 menu buat berbuka..nah si kolang kaling salah satunya..

  11. aku mau jadinya aja dong mbak..
    hhehe..

  12. ga seberapa suka kolang kaling saya

  13. mau donk manisannya ay, biar aku yg manis ini tambah manis lagi *ditimpuk bambu ama ayay* :D

  14. menu tetap tiap lebaran sate kolang kaling. habis dalam sekejap. thx ya infonya, kayaknya perlu banget nih

  15. Kolang klng memang nyaman . Sip banar dimakan sambil manghayal . Iri yaa?

  16. Ok, saya coba buat mudahan jadi dan manis., waktu tanpa pegawat bisa berapa lama ya??

    wah bisa 2 minggu lebih ..asal proses pembuatanya komposisi gulanya pas..1:1 dan disimpan dalam lemari pendingin dan ditutup rapat..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: