Aneka Makanan Khas Betawi

Karena banyaknya permintaan mengenai kuliner Betawi, maka postingan ayay hari ini adalah mengenai aneka kue tradisional khas betawi yg biasa ada dirumah ayay..khususnya pas lebaran..

so silakan dilihat, dibayangkan dan buruan cari ditoko kaset kue terdekat :P…

Uli

Uli

Uli, makanan yang terdiri dari ke huruf ini membuatnya gampang2 susah (ky aku bisa aja ya), terbuat dari beras ketan dan kelapa parut yg dikukus kemudian ditumbuk, nah proses numbuknya ini yg ribet. Ibu2 disini selalu bilang bukan org betawi klo nggak bisa bikin uli.hiks aku nggak bisa… ):, anyway biasanya klo dah jadi masing2 uli tersebut dibungkus didaun pisang, kemudian siap dihantarkan ketetangga..

Kue Cucur, Kue Cawan, Kue Cincin dan Kue Putu

Kue Cucur, Kue Cawan, Kue Cincin dan Kue Putu

yg warna pink diatas itu kue cucur ya jangan salah (jrg2kan liat kue cucur berbentuk pink :P), sedangkan yg berbentuk seperti mangkuk kecil berwarna coklat namanya kue cawan, yg berwarna putih ini namanya kue putu dalamnya ada gula merahnya, dan yg terakhir,  kecil-kecil berwarna coklat seperti cincin itulah yg biasa disebut kue cincin..

keempat makanan tersebut diatas sama2 terpuat dari tepung beras, hanya pengolahannya berbeda. dan rasanya ..ehm dijamin Makkknyosss….maniez, gurih dan mengenyangkan hehe, mau tau caranya…nanti kita tanyakan ke tetanggaku namanya Nyak kami..ehm si nyak ini jagonya buat kue khas betawi .

kembang goyang 1

kembang goyang 1

Kembang Goyang dan wajik

Kembang Goyang dan wajik

Nah klo yg ini namanya kembang goyang, makanan ringan berbentuk bunga ini enak loh, “gurih, maniez, dan Cruncy”

The Question is, kenapa namanya kembang goyang? Coz bentuknya seperti bunga ak kembang dan klo pada saat digoreng, cetakan didalam minyak goreng harus digoyangkan dulu, supaya adonannya lepas dari cetakannya begitu jawabanya.Nah dirumah biasanya dibuat kalo ada yg menikah atau mau lebaran, eit jangan salah ini kue laris manis loh dikantorku ..so klo lebaran aku jadiin bisnis aja..lumayan buat nambahin omzet. dan jangan salah asli buatan aku sendiri ..ayo ada yg mo pesan..?? hub noneayu..:D

wajik

wajik

yang ini namanya wajik, terbuat dari gula merah dan kelapa parut, rasanya maniezz..gurih..

trus yg ini apa ay?

pesor

pesor

pesor-dan-kelapa-gongseng

pesor-dan-kelapa-gongseng

nah klo yg ini namanya Pesor, bukan lontong ya..sekilas seperti lontong, tapi yg ini rasanya lebih gurih dan pekat. kalo yg ini asli resep keluarga emak, dan nggak ada disetu. nah si pesor ini biasanya disuguhkan pas lebaran barengan dengan Opor ayam dan sayur sambal godok khas betawi,,ehm sumpeh laper. atau kalo mo yg lebih simple karena peganan ini sudah gurih dan membuat kenyang jika ingin lebih ringan maka bisa dipasangkan dengan kelapa gongseng, cukup dicocol saja ..ehm laper.. :P

dan sajian khas betawi yg nggak pernah kelewat pas lebaran dirumah ku adalah:

manisan-kolang-kaling

manisan-kolang-kaling

manisan-kolang-kaling-2

fotonya  nggak ada bagus2nya ya :P

maklum ini diambil saat lebaran kemarin, pas si emak lagi sibuk2nya terima pesanan.  jadi Pas mo lebaran biasanya si emak terima juga pesanan manisan kolang kaling. Manisan kolang kaling ini dijual pertoples, dibuat dari gula asli, nggak bau karena dicuci sebersih-bersihnya dan dimasak berulang2. Manisan ibuku ini sudah terkenal kemana-mana loh termasuk kantorku..

ehm sekarang tahukan kenapa aku nggak bisa kurus (alasannn!!). Btw jika ada yg protes  ini sebenarnya postingan tentang makanan betawi apa promosi ya :P hehe ya terserah deh yg penting dibaca trus komen dan langsung pesan ya :)

voala…bonapeotyy.

cintailah masakan Indonesia

Selamat menikmati hidangan dirumah anda :)

About these ads

45 Tanggapan

  1. ay.. rmh lo dmn sih? gw mo nyobain bikinan emak lo neh.. agak bikin ngiler ya..!! oiya.. slm bwt emak lo ya.. hehe

    InsyaAllah ntar daku salamin ok

  2. Makanan Klasik itu masih ada ya Mbak??
    Mau dong
    hehehe
    Oh iya, kalo add url, pakek yang baru aja mbak.

    Klasik ya klasik masih ada
    Makasih

  3. iya ay.. gw jg mo maen ke rumah lo donk.. hehe

    maaf pendaftaran sudah ditutup halah :P
    waduh gawat ko jadi mo kerumah ku

  4. Mbak,richa mau wajik dan kembang loyangnya dong…

    boleh2 …ntar kukirim daftar harganya ya :)

  5. Pesen satu gak pake lama

  6. Jadi laper.. Beberapa makanan pernah aku cobain dan I like it such as uli bukan suka lagi tp doyan he..

  7. Kalau makanan uli sih tidak hanya ada di betawi.

  8. huhuhu…
    ay, tau ga seh..
    aku ini ngasi komen jam 12 malam, bangun karena lagi nunggu telpon :mrgreen:

    trus liat postinganmu ini bikin ngiler. mana perut laper… :(

    kamu harus tanggung jawab ay

    iya degh aku yg tanggung

  9. duch… duch… jadi laper….
    kue uli tuch spt lemper ya… hehe

    beda,,klo lemper mang nggak ditumbuk ga?

  10. wew.. keliatannya enak tuh. :mrgreen:

    pastinya ian, boleh klo mo pesen..tetep promosi

  11. kok kuenya juga dijawa juga ada….klo lebaran nyokap juga bikin. terutama sate kolang kaling. duh laper ay..kebanyakan kata JUGA

    tuh dibilangin kita saudara apa2 sama hehe

  12. Wah namanya ULI juga yah, sama dengan Bahasa Bali untuk makanan sejenis. Aku suka banget ama kue wajik…kirim yah ke Bali :D

    kirim? mba Indira kesini aja deh hehe

  13. alamat’a tepat’a dimana mba?

  14. Ini die nih maknan kite klo lebaran……….
    Ko dodol’y ga ada kmana yah?

    hehe soale biasanya qt cuma dikirimin aja dari tetangga..kebetulan tahun ini nggak sempet difoto keburu habis..biss..

  15. tq ya gra-gra situs ini gue dpat menyelesaikan tugas sklah gwa tq banget

    wah sama2 ROger..senang bisa membantu..:)

  16. boleh juga ane gabung, kebetulan ane usaha makan khas betawi : soto betawi, lakse betawi, sop tangkar iga sapi

  17. Kalau makanan yang praktis khas jakarta dan sekitarnya apa ya? kalu dari artikel ini semuanya kelihatnnya kue-kue basah (nggak tahan lama).

    mohon infonya? maklum malu juga kalau pulang di tanya oleh2 khas jakarta nggak tahu…

    salam kenal,

    salam kenal juga mas, wah iya memang karena jakarta nieh dah campur aduk jadi bingung makanan khasnya ya mas, emangnya asal daerah mana mas?…setau aku klo yg praktis dibawa itu Kembang Goyang, Ketapang, Rengginang, Geplak, Wajik, Dodol ,,cuma memang musti agak kepingiran jakarta mas klo mo cari oleh2 khas ini. aku aja klo cari dodol betawi pas bukan musim lebaran agak susah.

  18. Mpok, uli klo kaga pake tape kaga klop dah, kudu ade tapenye?????pan namenye tape uli,tapenye dicocol pake uli mpok……
    terusnye putu mayangnye mane??? ko kaga ade????? kue satu juga kaga ade yach nyang dicetak pake gambar ikan??ane mo tau tuch bikinnye pake ape????tks ya mpok,lam kenal aje dah

  19. ya ampuunn, lapeeer ….. =9
    Makanan Indonesia Is the best deh
    d^^b kasih jempol dua tangaaaann hohohohoh xD
    makasih artikelnya yaaaaaa :)

    senangnya :)…terima kasih semoga bermanfaat ya nabila

  20. Nambahin lagi boleh ya..
    Sate Manis Betawi.
    Ini makanan langka dan lezat..
    promoso dikit aah.. :)

    Boleh promosi ko abang rifki…jangan lupa kirim testernya kerume aye ok bang :)

  21. nyamiiii banget yeh alo tyap hari makanan y khas jakarte
    tanbah cinta ne ma jakarte

  22. Boleh-boleh.. nanti kalo mo kirim tester kemana yach? bisa minta alamatnya?
    untuk alamatnya bisa ke PM / Email: rifky.ramdhoni@yahoo.com, atau HP: 0811 976 411.

    Bisa dibantuin ya untuk ongkos kirimnya.. :)

  23. po alamat ye d nane she,klo mw psn do2l duren bs pa kaga,klo d anterin pke biaya2 pa kaga?satuan y berape dodol duren y po blz jgn lm2

    waduh lama2 kita jualan do2l juga nich.

  24. Emankk nhe bner mkanan BETAWI ya ?

  25. klo gemblong itu, termasuk makanan khas betawi gak sieee?

    iya pastinya..

  26. waaaaaahhhhhhhhhhhh…….jd kangen rumah….pengen langsung makan ntu makanan…^_^

  27. ups….emangnya ntu makanan khas betawi ya?
    lah hampir tiap hari gw nemuin ntu makanan, padahal gw kan bukan orang betawi yang tinggal di bogor. ternyata makanan khas betawi mudah di temukan.
    MAU DONG KERAK TELORNYA….!

  28. enak nih…makananya

  29. kokk ngga ada kerak telor

  30. tambahin lagi dong makanan khas nya
    yaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnng baaaannnnnnnyyyyyyaaaaakkkkkkkk

  31. mba, bisa pesen kembang goyang gak ?

  32. selamat sore, saya mau tanya apakah bisa memesan kue kembang goyang dan akar kelapa, dijualnya berapa?terima kasih

  33. […] Aneka Makanan Khas Betawi Posted on Januari 23, 2009 by ayay […]

  34. Yummi bgt yang namanya yang namanya talam ebi sama kembang goyang lumayan gratisan ehehe. walaupun dari praktik mazak sich… :)

  35. Hmm.. enak banget yah.

  36. gak enak semua

  37. Kue celorot’a kok ga ad ya?.Jd laper niey ngLiat makanan2 betawi.
    Boleh minta alamat’a ga mpok?/no yg bisa dihubungi?

  38. Huiiiiii……………..laperrrrr……………..
    Kalo minuman khas Betawai apa ya, Ay?
    Aku panitia Pentas Seni dan Budaya dan dapat tugas utk pengadaan segala sesuatu yang berhubungan dengan Betawi

  39. Minuman Khas betawi itu bir Pletok : terbuat dari jahe, daun pandan wangi, dan serai terus dimasak dengan gula merah..rasanya seger dan udah pasti HALAL krn ga bikin mabok.

  40. hmmmm,,, bikin laperrr… mau ikh pandai masak kaya mu…..

  41. ehhmm..jadi laper nie liat makanan…

  42. Makanan dari kampung halamanku yg sangat aku suka bikin pengen aja nihhhhhhhhhhhhhh

  43. Jd pingin nih

  44. maaf mau tanya, kalau saya mau pesan kue-kue betawi gimana caranya..?

  45. ini mba anas or mas ni? bisa dihubungin di no berapa mb?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: